Makan Uzbek Eats Berlin Michdicjuns
Jerman

Berlin: Makan Uzbek Eats

Makan di Uzbek Eats Berlin adalah salah satu check list ketika aku melakukan birthday trip. Tempat makan ini menyediakan masakan khas Uzbekistan yang halal. Jenis makanan yang tidak bisa kudapatkan di Hannover.


Hai teman pembaca Michdichuns!

Aku senang mencoba makan makanan khas negara lain. Dengan mencoba masakan dari negara lain aku jadi memiliki referensi makanan yang lebih beragam yang pada akhirnya mempengaruhi daftar menu masakan yang dapat kumasak di rumah.

Sejak tinggal di Jerman aku memiliki kesempatan untuk mencoba berbagai jenis makanan dari banyak negara. Memang tidak semuanya memiliki rasa yang otentik karena (mungkin) menyesuaikan dengan lidah lokal yang tidak terlalu berbumbu makanannya.

Namun, jika rajin mencicipi makanan tersebut di tempat yang berbeda pada akhirnya bisa mengetahui rasa yang mendekati rasa aslinya. Paling tidak, aku bisa mengetahui mana yang rasanya biasa saja, enak atau enak sekali.

Salah satu makanan yang sudah sejak lama ingin kucicipi adalah makanan dari negara Uzbekistan. Gara-gara postingan salah satu teman di media sosialnya saat berlibur ke Uzbekistan yang menampilkan kuliner negara tersebut, aku jadi ngiler ingin mencoba masakan khas Uzbekistan.

Pucuk dicinta ulam tiba..

Pada suatu hari aku melihat reels di Instagram yang menampilkan tempat makan yang menyajikan masakan Uzbekistan di Berlin. Aku langsung penasaran dan menandai reels tersebut.

Rekomendasi Instagram

Dari satu postingan reels itu, aku bisa membaca komentar para pengunjung restoran mengenai restoran tersebut dan makanannya. Dari komentar yang ada aku juga bisa mengetahui bahwa makanan yang disajikan di sana dijamin kehalalannya.

Semua komentar yang tertulis memberikan respon yang bagus. Semua menulis makanannya enak. Bahkan ada orang Uzbekistan yang sudah mencoba dan mengatakan rasa masakannya otentik.

Ada pula pengunjung yang menuliskan kalau makanan selalu di masak baru. Porsi yang diberikan juga mengenyangkan dengan harga yang bersahabat. Fyi, jika ada yang menulis seperti ini berarti porsi yang diberikan cukup banyak untuk perut kita.

Membaca ulasan yang ada di sana membuatku ingin mencicipi makanan di Uzbek Eats. Aku langsung mencatat alamatnya dan memasukkan dalam daftar wisata kulinerku di Berlin.

Michdichuns wisata kuliner Berlin
Taschkent Plov yang mendapat rekomendasi baik di Instagram maupun Google.

Tentang makanan halal: Mr. Chicken Dortmund.

Makan Uzbek Eats Berlin

Kesempatan pergi ke Berlin pun tiba. Aku mengajukan birthday trip ke Berlin kepada suamiku. Beliau yang tahu aku ingin makan enak di Berlin pun memberikan ijinnya.

Karena hanya merencanakan untuk menginap semalam di Berlin, aku menyusun prioritas rencana kunjungan restoran berdasarkan makanan yang paling ingin aku makan. Restoran Uzbek Eats termasuk di dalam daftar prioritas tersebut.

Tentang Berlin: Birthday Trip.

Lokasi dan jam buka

Uzbek Eats adalah sebuah restoran mini yang terletak di Grunewaldstrasse 35, Berlin. Menurutku, lokasinya strategis karena dekat dengan beberapa halte U-Bahn.

Halte Eichener Strasse.

Waktu itu, dari hotel tempatku menginap yang berada di tengah kota Berlin menuju Uzbek Eats membutuhkan waktu door to door sekitar setengah jam. Aku menggunakan U6 menuju halte Mehringdamm kemudian berganti dengan U7 tujuan halte S+U Rathaus Spandau menuju halte Eisenacher Strasse.

Dari halte U Eisenacher Strasse menuju restoran jaraknya sekitar 300 meter. Bisa ditempuh dengan jalan kaki menyusuri pinggir jalan raya, tidak sulit dan lokasi restorannya berada di pinggir jalan yang kususuri itu.

Uzbek Eats di Berlin Michdichuns
Tampak depan restoran Uzbek Eats. Ada logo halal di pojok kanan atas pada tampilan menu yang terletak di sebelah kanan pintu masuk.

Alhamdulillah aku dan anakku tiba tepat waktu. Untungnya sebelum pergi aku sudah sempat mencari tahu jam buka restoran sehingga urutan pergi ke restoran di Berlin malam itu dapat menyesuaikan semua jam tutup restoran-restoran tersebut.

Jam buka Uzbek Eats adalah pukul 12 siang sampai 8 malam. Waktu itu kami datang hari Sabtu pukul 7 malam dan sudah pasrah jika makanan yang ingin kupesan sudah habis.

Alhamdulillah masih rejeki karena kalau kehabisan berarti aku harus menunggu mencicipi makanan sampai kunjungan ke Berlin berikutnya. Uzbek Eats tutup setiap hari Minggu dan Senin.

Pesan makanan

Seperti yang sudah kutulis di atas, Uzbek Eats adalah restoran mini. Saat aku membuka pintu restoran di bagian sebelah kanan terdapat tempat untuk makan disana yang cukup untuk 3-4 orang saja. Sebelah kiri dari pintu adalah tempat memasak makanan.

Berhubung malam itu aku ingin memakan beberapa jenis makanan dari tempat yang berbeda, aku hanya memesan makanan untuk dibawa. Aku tidak punya pengalaman makan langsung di tempat.

Daftar makanan yang dapat di pesan jumlahnya tidak banyak tapi cukup beragam. Ingin rasanya mencoba semua makanan tersebut. Namun, mengingat ada makanan lain yang akan kubeli aku hanya memesan satu menu saja, yaitu Taschkent Plov.

Aku membayar untuk satu porsi sebesar 9.50 Euro. Restoran menerima pembayaran menggunakan kartu debit maupun pembayaran tunai.

Michdichuns wisata kuliner
Sebagian menu yang ada di Uzbek Eats.

Sambil menunggu pesananku disiapkan, mas penjual yang melayani pesananku tadi mengajak ngobrol dengan bahasa Indonesia. Ternyata ia pernah pergi ke Malaysia sehingga ia bisa menguasai bahasa Melayu dan sedikit bahasa Indonesia.

Tidak sampai lima menit makananku sudah siap untuk dibawa pergi. Bau harum makanan tercium membuatku tidak sabar untuk menyantapnya.

Tentang Trip: Tips Birthday Trip Ibu.

Taschkent Plov

Dari kemasan yang kubawa pulang aku menduga porsinya tidak banyak. Ternyata aku salah.. Porsinya banyak sekali dan mengenyangkan!

Take away Taschkent Plov Uzbek Eats
Taschkent Plov dalam kemasan take away.

Ketika penutup plastik yang menutup kemasan kubuka, harum makanan langsung keluar. Makanan tersebut sudah kubawa mengelilingi Berlin selama sekitar dua jam tetapi masih tersisa keharuman rempah-rempah yang bercampur dengan wangi daging.

Oh ya, meskipun tidak kumakan langsung dan sudah dua jam berada di luar kemasan makanan masih dapat menahan kehangatan makanan. Walau hanya tersisa sedikit kehangatannya tapi setidaknya menyebabkan aku tidak makan makanan yang totally dingin.

Aku langsung melihat irisan topping daun bawang dan dedaunan lainnya diatas irisan daging yang sangat banyak. Di antara nasi juga tampak irisan sesuatu yang mirip cabe tetapi ternyata bukan karena rasanya sama sekali tidak pedas.

Irisan bawang merah dan potongan wortelnya menambah kenikmatan Taschkent Plov. Nasinya terasa gurih tetapi tidak berlebihan minyaknya.

Yang paling juara menurutku adalah daging yang langsung lumer ketika masuk mulut. Itu enak banget dan rasanya ingin makan pelan-pelan saja supaya setiap suapannya terasa nikmatnya.

Ah, jadi ingin pergi ke Berlin untuk makan Taschkent Plov lagi.


Taschkent plov Uzbek Eats Michdichuns
Tampak potongan daging yang sangat banyak, nasi gurih, irisan daun bawang dan potongan wortel yang rasanya enak sekali.

Jika aku pergi ke Berlin lagi sudah pasti Uzbek Eats menjadi salah satu restoran yang kutuju. Aku masih ingin mencicipi Lagman, Ganpon, Manti dan Samsa. Semua masakan itu mendapat respon yang baik di kolom komentar Instagram maupun Google. Jadinya makin penasaran dan semoga masih rejeki untuk mencicipi semua makanan tersebut.

Jika masih penasaran dengan Uzbek Eats teman pembaca Michdichuns bisa mengunjungi akun Instagram Uzbek Eats di @uzbekeats.berlin.

Selamat mencoba makanan khas Uzbekistan di Berlin ya!

Let me know review teman-teman setelah makan disana.

Salam,

-ameliasusilo-

3 Comments

Silakan tinggalkan komentar anda disini..