Gerbang Brandenburg Berlin
Jerman

Berlin: Gerbang Brandenburg

Gerbang Brandenburg (Brandenburger Tor) adalah ikon Berlin sekaligus negara Jerman. Katanya, belum sah pergi ke Jerman sebelum berkunjung ke kota Berlin. Katanya lagi, belum sah pergi ke Berlin sebelum mengunjungi gerbang Brandenburg. Jadi, yuk cari tahu ada apa di gerbang Brandenburg ini.


Hai teman pembaca Michdichuns!

Gerbang Brandenburg tidak pernah sepi pengunjung. Buktinya adalah setiap kali aku pergi ke Berlin, aku selalu melihat orang-orang berdiri di depan gerbang. Ada yang berfoto di depan gerbang. Sebagian orang hanya berjalan melintasi gerbang tersebut. Ada pula yang berkelompok sambil mendengarkan seseorang menjelaskan sesuatu.

Baik itu pagi maupun malam kumpulan orang di gerbang Brandenburg ini jarang sekali sepi. Mungkin situasi tersepi yang pernah kutemui adalah saat aku dan keluargaku pergi ke sana saat pandemi.

Ada suatu masa di periode pandemi lalu dimana visa turis tidak dikeluarkan oleh pemerintah. Oleh karena itu, pelancong yang datang ke Berlin kebanyakan orang lokal.

Sejarah Gerbang Brandenburg Berlin

Gerbang Brandenburg dibangun pada abad ke-18. Arsitek yang bertanggung jawab dalam pembangunan gerbang ini adalah Carl Gotthard Langhans yang merupakan arsitek kerajaan Prusia saat itu. Raja Prusia yang saat itu memiliki ide pembangungan gerbang terkenal ini adalah raja Friedrich Wilhem II (dalam bahasa Inggris: Frederick William II).

Dulunya, di lokasi dimana gerbang ini berada merupakan gerbang kota Berlin. Gerbang ini merupakan awal dari jalan yang menghubungkan antara Berlin dengan kota Brandenburg an der Havel.

Inspirasi dari bangunan gerbang ini adalah gerbang masuk di kuil Acropolis yang ada di kota Athena, Yunani. Oleh karena itu, jangan heran ketika melihat gerbang Brandenburg yang tampak seperti bangunan berciri kebudayaan Yunani.

Di bagian atas dari gerbang Brandenburg terdapat patung Quadriga. Patung ini berada di sana sejak tahun 1793. Pembuat patung adalah Johann Gottfried Schadow.

Tentang patung ini juga ada ceritanya sendiri. Pada saat Napoleon Bonaparte berhasil menaklukan Berlin, ia menginstruksikan untuk mentransportasikan patung ini ke Paris sebagai bukti kemenangan tentara kekaisaran Perancis atas Jerman. Saat Napoleon kalah perang, patung ini pun dikembalikan kembali ke Berlin.

Saat Berlin terbagi dua antara Jerman Barat dan Jerman Timur, gerbang Brandenburg berada di wilayah timur. Namun, gerbang ini berada di zona eksklusi yang tidak dapat diakses oleh penduduk Jerman maupun turis.

Gerbang Brandenburg menjadi simbol bersatunya Jerman ketika tembok Berlin yang menjadi tanda pemisah antara Jerman Barat dan Jerman Timur runtuh. Di momen Jerman bersatu banyak orang datang berkumpul di sini. Dokumentasi peristiwa ini bisa ditemukan di salah satu museum yang ada di Berlin sayangnya aku lupa museum apa yang pernah kukunjungi tersebut.

Tentang Berlin: Birthday Trip.

Transportasi ke Gerbang Brandenburg

Di sekitar gerbang Brandenburg ini ada beberapa halte bus dan stasiun S-Bahn dan U-Bahn. Contohnya, di jalan Unter den Linden yang berada di sebelah timur gerbang, di sana ada dua buah halte bus. Di jalanan dekat Reichstag juga terdapat halte bus lainnya. Tepat di depan Parisier Platz terdapat stasiun S- dan U-Bahn.

Gerbang Brandenburg Berlin Google Maps
Google Maps halte bus dan stasiun S-Bahn U-Bahn di sekitar gerbang Brandenburg.

Ada banyak cara yang dapat kita tempuh untuk mencapai gerbang Brandenburg ini. Jika ingin pergi ke sana sembari melihat kota Berlin, aku menyarankan untuk naik bus. Tetapi bila ingin lebih cepat dan langsung sampai, teman pembaca Michdichuns bisa memilih naik U5.

Aku berikan contoh, misalnya saat ini kita berada di stasiun utama Berlin dan ingin pergi ke Brandenburger Tor. Dari titik ini yang paling cepat adalah naik U5. Durasi perjalanan sekitar tiga menit. Alternatif lainnya adalah naik S-Bahn jalur 3, 5 atau 7 sampai Bahnhof Berlin-Friedrichstrasse kemudian tukar dengan S1, S2 atau S25 menuju stasiun Brandenburger Tor.

Tentang Berlin: Transportasi Dalam Kota.

Berfoto di Sekitar Gerbang Brandenburg

Gerbang ini terdiri atas beberapa bagian yang bersambung. Di bagian tengah gerbang terdiri atas dua baris pilar yang masing-masing terdiri atas enam buah pilar. Di tengah-tengah dari barisan pilar ini terdapat tembok.

Bagian tengah gerbang ini diapit oleh bangunan lain di bagian kanan dan kirinya yang berbentuk seperti huruf L. Di bagian ini juga terdapat pilar-pilar yang di bagian tengahnya terdapat bangunan yang memiliki fungsi. Contohnya, salah satunya adalah difungsikan sebagai Berlin Tourist Information Center.

Totalnya panjang gerbang adalah 65.5 meter. Tinggi dari bangunan sekitar 26 meter.

Di depan gerbang Brandenburg yang menghadap ke arah timur terdapat Parisier Platz. Tempat ini paling tepat untuk berfoto.

Parisier Platz ini berhadapan dengan jalan besar yang bernama Unter den Linden. Di sepanjang jalan ini ada toko-toko yang menjual cindera mata Berlin.

Tips foto pertama

Tips foto yang pertama adalah untuk mendapatkan foto yang memperlihatkan keseluruhan gerbang ini. Caranya adalah dengan berfoto di bagian ujung dari Parisier Platz yang paling dekat dengan stasiun S-Bahn dan U-Bahn.

Tantangannya adalah banyak orang yang berfoto dari posisi ini. Selain itu, kita juga kemungkinan besar mendapatkan latar belakang banyak orang karena orang-orang ini berfoto dalam jarak dekat dengan gerbang.

Tips foto kedua

Tips foto yang berikutnya adalah jika ingin hanya berfoto dengan latar belakang bagian tengah gerbang. Kita bisa berdiri di tengah Parisier Platz. Jalanlah mendekat ke arah gerbang.

Di posisi ini biasanya saingan untuk fotonlebih sedikit dari posisi pertama. Masih ada orang -orang di belakang kita tetapi kemungkinan tidak sebanyak posisi yang pertama.

Tips foto ketiga

Jika ingin foto satu sisi saja, aku lebih menyarankan latar belakang foto ke arah sisi gerbang yang dekat dengan kedutaan Prancis. Posisi berdiri kita di sisi Parisier Platz yang dekat dengan kedutaan Amerika Serikat.

Tampilan latar belakang dari sisi ini menurutku lebih bagus dari sisi satunya. Mungkin karena warna gedungnya lebih mirip dengan warna gerbang.


Selain gerbang Brandenburg di sekitar lokasi ini ada beberapa obyek untuk turis lainnya. Dengan berjalan kaki kita dapat mencapai tempat-tempat ini.

Tempat yang dapat teman pembaca Michdichuns kunjungi antara lain, gedung Reichstag atau parlemen Jerman, monumen orang Jerman Timur yang berusaha melarikan diri dan Museum Madame Tussauds.

Di depan Brandenburg Tor ini biasanya dijadikan tempat temu awal dari free walking tour Berlin. Sekitar jam 10-11 pagi atau 15-16 sore kita bisa menemukan kumpulan orang mengeliling seseorang yang memegang payung. Kelompok ini biasanya adalah kelompok free walking tour.

Jika ingin membeli sovenir aku menyarankan untuk mengunjungi toko-toko sovenir di Unter den Linden. Jenis sovenirnya beragam dan harganya tidak mahal.

Nah, jangan sampai lupa berkunjung ke gerbang Brandenburg saat mengunjungi kota Berlin ya!

Salam,

-ameliasusilo-

One Comment

Silakan tinggalkan komentar anda disini..