Indonesia

Beli Tiket di Traveloka

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.. Bismillahirrohmaanirrohiim.. Beli tiket dan pesan kamar untuk perjalanan selama di Indonesia, kami menggunakan Traveloka. Adik ipar yang mengetahui rencana perjalanan kami yang berpindah-pindah kota sudah langsung menyarankan Traveloka untuk mencari semua kebutuhan terkait tiket dan kamar hotel. Senang ada situs yang sudah menyediakan all in. Tinggal klik klik langsung transaksi sesuai yang kita inginkan.

Disclaimer: Tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi penulis. Tidak ada kerja sama untuk penulisan artikel.

Pulang Indonesia Belum Beli Tiket

Di kesempatan mudik kali ini, karena kami sudah lama tidak pulang ke Indonesia, aku dan suami merencanakan untuk mengunjungi beberapa kota yang memiliki makna sendiri untuk kami. Kota dimana ada saudara dan teman-teman supaya kami dapat bersilaturahmi. Totalnya ada lima kota selain Jakarta yang kami kunjungi.

Aku yang biasanya selalu sudah ada tiket dan reservasi penginapan sebelum travelling kali ini angkat tangan dulu. Fase baru, badan juga masih cepat lelah, jadinya tidak memungkinkan untuk bisa ekstra duduk mencari tiket maupun tempat penginapan. Suamiku apalagi. Dia baru cuti dua hari sebelum kami pergi ke Frankfurt.

Jadinya kami pasrah sajalah dengan ketersediaam tiket dan kamar hotel berikut harganya. Keyakinan kami saat itu cuma satu. Liburan anak sekolah baru saja selesai jadi tidak mungkin harga-harga mahal seperti halnya ketika musim liburan anak sekolah di Indonesia.

Seperti yang sudah kuceritakan di atas. Adik ipar menyarankan untuk mencari kebutuhan kami melalui situs Traveloka. Menurut kami ini adalah solusi tepat sebab disana semuanya ada. Kami pun mudah untuk membandingkan harga-harga.

Beli Tiket Traveloka

Yang pertama dibeli adalah semua tiket-tiket untuk perjalanan kami. Jadi, selama di Indonesia kami akan pergi ke Yogyakarta, Solo, Surabaya dan Malang. Keempat kota ini akan kami kunjungi selama sekitar satu minggu.

Rutenya dari Jakarta ke Solo naik kereta. Lalu dari Solo ke Yogyakarta pulang pergi naik kereta. Berikutnya kami pergi dari Solo ke Surabaya naik kereta. Surabaya – Malang naik mobil. Rute terakhir adalah Surabaya ke Jakarta menggunakan pesawat.

Pertama, kami mengeksekusi seluruh tiket kereta terlebih dahulu. Semua tiket kereta berhasil dibeli kecuali untuk tiket KRL Solo – Yogyakarta. Tentang tiket ini akan kuceritakan secara terpisah. Kereta Jakarta – Solo serta Solo – Surabaya berhasil kami beli.

Tampilan situs yang menyajikan seluruh jadwal kereta pada tanggal yang diinginkan beserta jam keberangkatan, jam ketibaan dan harga tiket, sangat memudahkan kami. Bukan hanya itu, kita juga dapat mengetahui berapa lama durasi perjalanan kereta tersebut. Dari sini akhirnya kami merubah pilihan kereta, pilihan jam keberangkatan dan ketibaan agar perjalanan nyaman untuk anak-anak.

Cara Beli Tiket

Dari halaman depan situs Traveloka klik kereta api. Setelah itu akan muncul halaman dimana kita, calon pembeli, diminta untuk masukkan kota atau stasiun asal, kemudian stasiun atau kota tujuan, tanggal keberangkatan serta jumlah penumpang. Jika ingin membeli tiket pulang pergi juga bisa. Caranya aktifkan tanda pulang pergi yang ada didekat tanggal keberangkatan. Setelah itu klik “Cari.”

Setelah kita mengklik akan muncul halaman baru yang berisi daftar kereta yang berangkat ditanggal yang kita inginkan tadi. Semua kereta yang berangkat dari pagi sampai malam ada disitu. Bagaimana jika yang muncul terlalu banyak dan malah menyulitkan?

Tenang saja ada fungsi filter yang dapat digunakan. Misalnya hanya ingin menampilkan jenis kereta tertentu atau salah satu kelas kereta saja. Selain itu kita juga dapat memfilter berdasarkan pembagian waktu yang terbagi menjadi 4 kuadran. Masing-masing kuadran adalah malam – pagi, pagi – siang, siang – sore dan sore – malam.

Atau jika ingin mengetahui mana tiket kereta yang paling murah, kita bisa memanfaatkan fitur urutkan. Klik “Urutkan” nanti akan muncul pilihan urutkan berdasarkan kriteria apa. Misalnya harga terendah atau durasi.

Setelah yakin dengan pilihan kereta tinggal di klik saja. Setelah itu kita akan masuk ke halaman berikutnya yang menampilkan pilihan kereta, jam keberangkatan, durasi dan jam ketibaan. Jika sudah punya akun di traveloka, di halaman ini ada opsi untuk log in. Jika tidak langsung isi data pemesanan dan data penumpang yang akan berangkat.

Berikutnya masuk dipembayaran.

Pembayaran

Pembayaran tiket dapat menggunakan beberapa alternatif cara tergantung kenyamanan kita. Bisa dengan metode transfer, bayar lewat mesin ATM, internet banking, kartu kredit atau melalui gerai Indomaret dan Alfamart.

Yang harus diperhatikan adalah ada jangka waktu pembayaran. Jika sampai tenggat waktu tersebut kita belum melakukan pembayaran, tiket yang sudah kita pesan akan hangus.

Untuk pembayaran ini petunjuknya jelas sehingga memudahkan calon penumpang dalam bertransaksi. Setelah pembayaran selesai kita akan mendapatkan e-ticket melalui email yang kita daftarkan.

Selesai deh!

Oh ya untuk pembelian tiket pesawat pun juga sama. Aku sempat membandingkan harga tiket Garuda Indonesia antara di Traveloka dan situs milik Garuda. Harganya waktu itu ternyata sama.

Sejauh ini aku dan suami puas bertransaksi membeli tiket di Traveloka. Semoga tulisan yang memuat berbagi pengalamanku menggunakan Traveloka untuk beli tiket dapat bermanfaat untuk teman-teman Michdichuns yang membaca.

Salam,

-ameliasusilo-

Silakan tinggalkan komentar anda disini..