Indonesia

Aplikasi Access Kereta Api Indonesia

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.. Bismillahirrohmaanirrohiim.. Apakah kamu tahu Kereta Api Indonesia punya aplikasi yang bernama Access?

Kali ini aku ingin berbagi tentang aplikasi miliki perusahaan kereta pemerintah Indonesia yang menurutku bagus.

Sistem Operasi

Dimana bisa memperoleh aplikasi ini?

Aplikasi ini dapat digunakan di gawai yang menggunakan sistem operasi Android maupun Apple. Oleh karena itu aplikasi Access dapat diunduh baik di Playstore maupun Appstore. Aplikasinya gratis. Pada saat mengunduh kita tidak perlu membayar terlebih dahulu.

Ternyata tanggal 10 Agustus lalu ada launching update aplikasi Access ini. Pantas saja tampilan aplikasi di ponselku berubah dari yang sebelumnya warna dominasi biru-putih menjadi ungu putih biru. Jika fitur di aplikasi versi sebelumnya sudah cukup jelas dam membantu penumpang, berarti di aplikasi ini lebih keren lagi dong ya?

Sebelum aku mengulik tentang versi terbarunya, let me share a little bit tentang versi yang lama dan kenapa aku perlu menginstalnya di ponselku.

Kenapa Mengunduh Aplikasi

Jadi ceritanya saat aku dan keluarga pergi ke Solo, kami sekeluarga ingin mencoba merasakan naik kereta Batara Kresna. Dari referensi yang aku baca sebaiknya sebelum naik kereta ini calon penumpang sudah memiliki tiket terlebih dahulu. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi kereta yang ramai.

Berhubung kami hanya berlibur beberapa hari di Solo aku tidak mau ketinggalan kesempatan naik kereta legendaris ini. Aku harus membeli tiketnya terlebih dahulu. Aku ingin mengamankan tiket untuk kami berempat hehehe…

Ternyata tiket yang kuinginkan ini waktu itu tidak dapat dibeli baik melalui Traveloka maupun website KAI. Karena penasaran akhirnya aku menggoogling bagaimana cara untuk membeli tiket. Salah satu cara yang kutemukan adalah membeli tiket melalui aplikasi milik KAI, Access.

Tampilan Aplikasi Lama

Ketika sudah masuk ke aplikasi Access (waktu itu) pengguna aplikasi langsung bertemu dengan halaman untuk pemesanan kereta antar kota. Sebelum mengetahui cara belinya, aku mencoba memesan melalui halaman pemesanan kereta antar kota ini. Menurutku kereta Batara Kresna ini melayani antar kota, Solo ke Wonogiri lalu kembali lagi ke Solo. Ternyata aku salah.

Kereta ini termasuk kereta lokal. Sehingga jika ingin memesan tiket harus masuk ke halaman untuk pemesanan kereta lokal terlebih dahulu. Setelah berada di halaman yang tepat tentu saja tiket keretanya bisa kudapatkan.

Selanjutnya untuk pembayaran ada banyak alternatif pilihan cara. Aku lupa apakah aku memilih membayar menggunakan QRIS atau virtual account. Yang jelas setelah pembayaran berhasil di aplikasi tersebut kita dapat mengakses tiket. Ada barcode yang dapat dijadikan tiket melalui mesin di stasiun Purwosari.

Sangat mudah dan user friendly.

Kebetulan aku belum pernah mencoba membeli tiket lainnya. Tapi aku ingat waktu itu kita bisa juga membeli tiket jarak jauh lainnya, baik untuk kelas eksekutif maupun ekonomi.

Update Aplikasi Access

Sekilas tampilan halaman aplikasi Access yang terbaru ini mirip aplikasi Gojek dan Tokopedia. Pilihan kategori yang ada di halaman utama menurutku cukup jelas. Tampilannya dan sekilas aku mencoba aplikasi versi terbaru ini juga user friendly. Sayangnya aku belum akan menggunakan aplikasi ini lagi dalam waktu dekat. Jadi belum bisa memberikan ulasan yang benar – benar obyektif.

Namun, aku melihat ada tambahan kategori disana yang menarik. Contohnya adalah Railfood, LRT, Commuter Line. Waah keren nih!

Salam,

-ameliasusilo-

One Comment

Silakan tinggalkan komentar anda disini..